MAKANAN KHAS JAWA TIMUR

RAWON
            Apa itu rawon ? rawon merupakan masakan atau makanan Indonesia yang berasal dari Jawa Timur daerah Surakarta. Rawon merupakan masakan yang berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas. Rawon pada umumnya dikenal masyarakat sebagai makanan khas Jawa Timur, namun makanan Betawi di Jakarta juga ada yang mirip dengan rawon meski menggunakan ikan. Begitu juga di Pekalongan yang disebut garam asem. Sementara, penampilan makanan rawon serupa juga yang ada di Makassar.
            Rawon tetaplah sejenis sup yang dilengkapi dengan tauge, daun bawang, bawang goreng, kecambah, sambel terasi, bawa goreng, kerupuk sebagai pelengkapnya, dan nasi sebagai pelengkapnya juga. Rasa kuah yang agak manis dapat membuat sup hitam ini menjadi lauk yang lezat dan enak. Aromanya sangat khas karena dibumbui bumbu khusus. Lalu daging yang digunakan dalam masakan ini adalah daging sapi yang dipotong kecil – kecil. Untuk bumbunya sendiri saya tidak terlalu tahu, tapi untuk kalian pecinta kuliner yang belum mencoba rawon harus mencobanya. Makanan ini juga akan lezat bila makan berasama keluarga, pacar, maupun rekan kerja di rumah di kedai yang menyediakan masakan ini.


             Masakan rawon tidak hanya di sediakan di kedai – kedai yang berada di Jawa timur, akan tetapi masakan rawon sudah berada di seluruh Indonesia. Begitu pula di salah satu kedai yang ada di Jakarta, yaitu Kedai H. Asari yang berada di Jalan Jeruk Raya No. 8 Jagakarsa – Jakarta Selatan. Di kedai ini menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman seperti menu ayam, bebek, soto, ikan tradisional, dan lain – lain. Termasuk menyediakan makanan rawon, tetapi kedei H. Asri menyediakan masakan tradisonal lainnya seperti Soto Betawi.


                Makanan rawon di Kedai H. Asari rasanya tidak jauh berbeda dengan masakan – masakan yang ada di kedai lain. Saat saya berkunjung ke  Kedai H. Asari yang saya lihat adalah bahwa kedai itu terbilang sangat mewah, karena jika kalian mampiri ke kedai itu seperti sebuah restaurant mewah. Pelanggan juga bisa mengelilingi kedai sambil menunggu makanan datang, karena kedei ini juga menyediakan sepeda untuk para pelanggan. Kedai H. Asari sangat cocok untuk keluarga, cocok untuk bertemu rekan kerja dan teman – teman kalian, dan cocok untuk membawa pasangan. Kadai ini juga menerima pesanan, jika kalian ingin memesan dapat menghubungi ke nomor 021- 78889999 dan jika penasaran apa saja menu yang ada di kedai H. Asari kalian dapat melihatnya di www.kedaihajisari.com/blog .
            Tetapi di kedai ini, kita harus mengeluarkan uang yang cukup besar karena harganya tidak sesuai dengan kantong mahasiswa atau anak sekolah. Harga rawon di kedai ini sekitar Rp 33.637,-. Menu makanan harga paling murah sekitar Rp 7.728,- hingga yang termahal seharga Rp 127.273,-  Kedai ini suasananya sejuk karena di sekeliling kadai terdapat tumbuh – tumbuhan. Kedai makanan ini pun mampu menarik hati para pelanggan.





Nama Makanan
Rawon
Nama Kedai
Kedai H. Asari
Range Harga
Rp Rp 7.728,- sampai Rp 127.273,-
Alamat
Jl. Jeruk Raya No. 8 Jagakarsa – Jakarta Selatan

Kontak
Telpn : 021- 78889999





Comments