RESENSI: KAMUS BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN

Resensi Buku Nonfiksi 




  • Buku Nonfiksi
1.      Judul lengkap buku: Kamus Bisnis dan Kewirausahaan
2.      Nama penulis: Pipin Asropudin
3.      Nama penerbit: CV Titian Ilmu
4.      Bulan atau tahun terbit: Cetakan pertama, 2013
5.      Jumlah halaman dan ukuran buku: 120 halaman  dan 14,5 x 21 cm  
6.      Harga: Rp 35.000,-


ISTILAH DALAM BIDANG KEWIRAUSAHAAN

            Buku yang berjudul Kamus bisnis dan Kewirausahaan, berbicara tentang istilah dalam dunia bisnis, baik yang sering kita dengar maupun yang tidak pernah kita dengar. Buku yang ditulis oleh Pipin Asropudin dapat dimiliki oleh siapapun yang ingin menjadi pembisnis maupun yang sudah terjun dalam dunia bisnis.  Di zaman sekarang usaha bisnis sangat diminati dari berbagai kalangan, baik dari yang muda maupun yang sudah merintis suatu usaha. Namun, dalam membangun suatu usah kita harus memahami terlebih dulu istilah-istilah dalam dunia bisnis. Sehingga usaha yang kita jalanin bisa berkembang.

            Dalam buku ini tidak dicantumkannya latar belakang si penulisnya. Sumber materi yang digunakan oleh Pipin Astropudin, yaitu dari buku Kamus Bisnis Syariah karya M.A. Karim Mustafa, buku Kamus Ekonomi dan Bisnis karya Pamungkas Edi Kurnianto. t.t, dan buku Kamus Bisnis karya Siegel M., Roberta. Sumber materi lainnya dari sumber internet, yaitu www.id.wikipedia.org dan www.Kamusbisnis.com. Genre buku ini termasuk kedalam buku refrensi. Pipin mengulas kembali istilah-istilah bisnis. Dari istilah bisnis yang khusus, baik bisnis syariah, bank, dan sebagainya. Dari sumber materi yang ia cari, dijadikan satu oleh si penulis, tujuannya untuk mempermudah para pembacanya. Apa yang dijelaskan penulis dalam mengertikan setiap istilah sangatlah jelas dan mudah untuk dipahami.

            Tujuan penulis dalam menulis buku ini, untuk mempermudah para pembaca dalam mengenali istilah dunia bisnis, baik dari dunia bisnis syariah maupun tidak. Buku ini juga menyebutkan beberapa negara yang penting dalam dunia bisnis. Bahkan buku ini menyebutkan beberapa tokoh yang sukses dalam dunia bisnis dan sukses dalam membuat teori bisnis. Buku ini ditulis untuk semua khalayak, terutama untuk seorang pembisnis pemula.

            Struktur buku yang tertera dalam buku ini meliputi bagian: prakata, daftar isi, pembahasan istilah dari a-z, dan daftar pustaka. Semua data-data yang didapat oleh punulis cukup berkaitan. Karena data-data yang mendukung si penulis gunakan yaitu dari buku beberapa refrensi lain. Dalam buku ini tidak adanya argumen penulis. Dibawah ini saya memberikan kutipan istilah-istilah pada isi buku “Kamus Bisnis dan Kewiraushaan” yang penting diketahui oleh para pembaca:
  1. Daftar muatan kapal, artinya daftar muatan kapal (bill of lading) adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan untuk eksportir.
  2. Font, artinya jenis huruf spesifik yang mengatur bagian teks.
  3.  G-7, merupakan singkatan dari Group-7 yaitu tujuh negara industri termaju di dunia yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Italia, Kanada, Jerman, dan Jepang. Mereka bertemu secara teratur untuk mengkoordinasikan kebijakan fiskal dan moneter agar ekonomi global terkelola dengan baik.
  4. Hit, istilah yang mengacu pada aktivitas dari browser ke server, misalnya jika sebuah situs web memiliki halaman yang berisi satu konten teks dan dua konten grafis maka ketika halaman itu dikunjungi akan menghasilkan tiga hit.
  5.  Ijarah wa iqtina adalah serupa dengan ijrah, kecuali bahwa nasabah dapat membeli barang di akhir kontrak.
  6.  Jidohka, artinya bentuk otomatisasi di mana mesin secara otomatis memeriksa setiap item setelah memproduksinya, berhenti berproduksi dan memberitahu manusia jika ada cacat yang terdeteksi.
  7. Lead, merupakan seorang prospektif yang telah merespon upaya pemasaran.
  8. M1, artinya sirkulasi uang tunai kertas dan koin yang beredar di kalangan masyarakat ditambah total saldo tabungan dan deposito yang langsung tersedia di rekening bank-bank komersial dan lembaga penyimpanan.
  9. Nepotisme, yaitu pemihak tidak wajar kepada kerabat keluarga oleh seseorang yang memiliki kewenangan seperti CEO, manajer atau supervisor. Contoh nepotisme  adalah memberikan bantuan atau pekerjaan kepada teman dan kerabat, tanpa mempertimbangkan kriteria yang adil dan wajar.
  10.  Rahn, secara hukum, rahn berati menyerahkan atau mengajukan aset riil atau fisik yang bernilai material, sesuai hukum, sebagai jaminan untuk utang atau kewajiban yang berkaitan dengan uang.

            Penulisan pada buku ini menurut saya sudah efektif. Karena bahasa yang digunakan oleh si penulis mudah dipahami dan jelas oleh para pembaca. Ringkasn dari buku ini, yaitu bahwa setiap istilah yang ada paba bidang bisnis memiliki makna tersendiri secara khusus. Bagi para pembisnis harus mengetahui istilah-istilah tersebut. Bisnis sendiri memiliki berbagai macam jenis dan dapat dikelompokkan berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan. Misalnya, bisnis penerbitan, bisnis transportasi, bisnis manufaktur, bisnis pertambangan, bisnis perdagangan, dan lain-lain.

            Kelebihan pada buku ini, yaitu cover dan judul sangat sesuai dengan isi buku ini. Kedua, istilah-istilah yang ada dalam bisnis banyak yang sudah kenal. Bahasa yang digunakan penulis sederhana dan jelas, serta dilengkapi gambar yang menjadika tiap ulasan semakin menarik dan mempermudah saya memahami istilah-istilah bisnis. Kekurang yang terdapat buku ini, yaitu ada beberapa tulisan yang ketebalannya berbeda, baik teks yang sangat tebal hingga hampir tidak terlihat. Ada beberapa tulisannya yang salah ketik, serta tidak adanya pembatas untuk mencari huruf-huruf abjadnya.

Kesimpulan:
Terlihat jelas bahwa Pipin ingin membuat istilah-istilah ini menjadi mudah dimengerti dan menarik dengan dilengkapi gambar. Buku ini bisa menjadi pegangan kita jika sedang mengerjakan suatu usaha dengan istilah-istilah yang sulit kita artikan sendiri.


            

Comments