RESENSI: LAYOUT DASAR DAN PENERAPANNYA

Resensi Buku Nonfiksi


  • Buku Nonfiksi
1.      Judul lengkap buku: Layout Dasar dan Penerapannya
2.      Nama penulis: Surianto Rustan
3.      Nama penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
4.      Bulan atau tahun terbit: Cetak ketiga, Juli 2009
5.      Jumlah halaman dan ukuran buku: 152 halaman dan 23,5 x 17,5 cm   
6.      Harga: Rp 80.000,-

ASPEK-ASPEK DUNIA DESAIN GRAFIS

            Buku Layout Dasar dan Penerapan ditulis oleh desainer grafis yang telah terjun dalam dunia desain. Buku ini lebih banyak membahas dalam segi praktikal layout dalam dunia desain grafis dua dimensi. Buku ini juga memberikan pesan ke para pembaca bahwa dunia desain itu tidak sesulit yang terlihat. Bagi penulis jika kita membicarakan desain grafis, maka kita seperti membicarakan visual, karena bahasa gambar menjadi penting sebagai alat peraga bagi pesan-pesan dan toeri yang kompleks.

            Sekilas perjalanan hidup Surianto Rustan selama bergulat dalam dunia desain. Surianto Rustan telah menyelesaikan studi S2 Desain dengan predikat Cum Laude pada tahun 2013. Penulis pernah bekerja dalam dunia desain grafis selama 8 tahun. Bekerja sebagai in-house graphic designer di beberapa perusahaan. Penulis juga pernah mengajar di beberapa Universitas, seperti Universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Tarumanegara. Setelah mendisain, mengajar, dan menulis, ia juga banyak memberi seminar, training, dan workshop tentang desain di berbagai sekolah, perguruan tinggi, dan perusahaan. Buku Layout Dasar dan Penerapannya adalah buku pertama yang ditulis, awal terbit pada tahun 2008, dan buku ini mendapat predikat “Nasional Best Seller”, buku keduanya berjudul Mendesain Logo awal terbit tahun 2009, buku ini juga mendapat predikat “Nasional Best Seller”. Buku ketiga berjudul HURUFONTIPOGRAFI awal terbit tahun 2011, dan buku keempatnya yang berjudul Mari Berhitung Sisa Hidupmu terbit 2012.

            Genre buku ini merupakan buku panduan dan refrensi dalam mendesai. Surianto Rustan telah melalui beberapa pengalaman dalam dunia desain. Materi dalam buku ini memberikan informasi bahwa untuk memulai mendesain, para pemula harus mengetahui petunjuk dalam pendekatan dan pelaksanaan layout tipografi yang terencana dan teratur. Selain untuk mencapai sebuah estetika dan keunikan personal, para pemula harus memiliki optimasi dalam teknikal.

            Tujuan buku ini, penulis ingin menjelaskan dan membagi sebuah informasi kepada khalayak, terutama kepada seorang pemula yang ingin terjun dalam dunia desain. Bahwa menjadi seorang desainer kita harus bisa membaca setiap konsep desain dan setiap elemen-elemen yang ada didalamanya, seperti elemen teks dan element visual. Selain itu, penulis juga ingin para pembaca yang ingin terjun dalam dunia desain memeiliki ide yang kreatif dan mempu memukau masyarakat, terutama para desainer terkenal. Buku ini ditulis untuk siswa-siswi desain grafis atau mereka yang belajar mengenai desain komunikasi visual.

            Struktur buku yang tertera dalam buku ini meliputi bagian: kata pengantar, kata sambutan, catatan penting, ucapan terima kasih,  daftar isi, pembahasan isi buku, daftar pustaka, kata penutup, dan profil singkat penulis buku ini. Dibawah ini saya memberikan kutipan kalimat pada isi buku “Layout Dasar dan Penerapannya” yang penting diketahui oleh para pembaca:
  •        Dalam menemukan jenis huruf dan ukuran yang cocok, perlu memahami beberapa hal berikut: jenis huruf yang berbeda mempunyai ukuran yang berbeda walaupun menggunakan satuan ukuran yang sama. Banyak sumber yang menyarankan ukuran huruf untuk bagian isi naskah adalah 9 sampai 12 point. 
            Menurut saya penulis buku ini telah menulis degan bahasa yang efektif. Karena bahasanya singkat, jelas, dan mudah dipahami. Ringkasan dari isi buku ini, yaitu ada beberapa aspek pertimbangan dalam perencanaan desain komunikasi visual atau desain grafis yang baik dan berhasil, di antaranya aspek tenikal, selain berkaitan dengan ukuran, pemilihan materi dan metode reproduksi atau proses cetak, juga manual desain. Layout mempunyai hubungan yang sangat erat kaitannya dengan tipografi. Beberapa contoh dalam buku ini untuk menekankan maksud penulisan dalam kaitannya dengan ilmu desain grafis. Desain itu sangat dinamis dan terus mengalami perkembangan di masyarakat. Teknologi, perubahan pola pikir, dan trend sangat mempengaruhui desain. Karena sudah sekian lama mengalami perkembangan dan sudah sangat umum digunakan.

            Kelebihan pada buku ini yaitu beberapa data  yang ada dalam buku ini diambil dari pengalaman si penulis. Sehingga memberikan ke akuratan dari datanya. Setiap materi yang dijelaskan oleh penulis didukung dengan konten yang lengkap dan jelas atau diberikan beberapa contoh. Setiap konten mampu mempertegas apa yang dibahas dalam buku ini. Buku ini menambahkan wawasan saya bukan hanya mengenai layout, tetapi masalah mengenai seorang desain mampu menarik perhatian para pembacanya dalam konteks. Di beberapa halaman penulis memberikan catatan kecil mengenai info, tips, dan fakta mengenai materi. Kekurang buku ini menurut saya terletak pada lem yang merekatkan pada buku ini tidak kuat. Sehingga baru beberapa minggu kertas-kertas pada buku lepas dan rusak. Masih ada beberapa ukuran tulisannya yang tidak sama. Buku ini juga sebaiknya diberikan pembatas untuk pembaca.

Kesimpulan:
Desain grafis sangat luas dan memiliki banyak dimensi, maka para pemula harus lebih memahami dunia desain. Dunia desain bukan hanya membicarakan tentang sejarah, layout, elemen-elemen. Akan tetapi, dunia desain itu juga memebicarakan tentang konsep, ide, aspek-aspek teknikal, keunikan dari sebuah desain dan penjelasannya. Dunia desain sendiri memiliki prinsi dan syarat tersendiri untuk membuat suatu desain atau layout yang baik.



             

  

Comments